Rawat Sepeda Gunung Agar Selalu Siap Dipakai Berpetualang

Dilihat 491 kali

Mencuci adalah salah satu cara merawat sepeda gunung yang sangat disarankan agar sepeda gunung selalu siap dipakai berpetualang. Berikut adalah langkah-langkah mencuci sepeda gunung yang benar.

Lepaslah semua aksesories yang terpasang di stang (handle bar), seperti spidometer, lampu, bel dan lain-lain. JIka pada sepeda terpasang V brAkes lepaslah kabel penghubungnya dengan cara menekan dua sisi calipers.

Sepeda diputar balik dan agar sadel dan grips tidak lecet pakaikan alas yang empuk atau tidak terlalu keras. Cara membalik sepeda yang baik adalah Anda berdiri di samping sepeda lalu pegang suspensi depan dengan satu tangan memegang dudukan sadel. Langkah selanjutnya putar perlahan sampai sepeda dalam posisi terbalik.

Lepas roda depan dan juga belakang. Pertama buka pengencang as roda bagian depan dengan cara membuka klip pengunci. Jika tidak menggunakan klip, gunakan kunci pas sesuai ukuran baut. Untuk roda belakang lepas pengencang as kemudian tarik ke belakang sistem pemindah gigi secukupnya sampai roda belakang bisa ditarik ke atas kemudian terlepas.

[bacajuga url=2592]

Bersihkan rantai, gir, pedal, rear derailleur (sistem penggerak) dengan menggunakan air bersabun dan sikat). Setelah selesai keringkan semuanya dengan lap bersih.

Bersihkan bagian bawah rangka (frame) dengan menggunaka air sabun dan lap. Jangan lupa untuk juga membersihkan kabel penarik rem dan kabel pemindah gigi.

Bersihkan sistem roda (roda depan dan belakang) dengan air sabun dan kain. Jika menggunakan cakram jangan lupa juga untuk membersihkannya.

Cek sistem roda dengan memasang kembali roda belakang dan belakang. Pastikan semua pengencang roda sudah terpasang dengan baik dan terkunci dengan sempurna.

Mengecek sistem pengereman dan pastikan semuanya berfungsi dengan sempurna karena bagian adalah salah satu bagian vital pada sepeda. Rem yang tidak berfungsi dengan baik bisa berakibat fatal pada pengendara.

Lumasi bagian rantai, bagian rantai, shifter, sistem pengerak roda depan dan belakang (FD-RD), pedan dan lengan pedal. Ingat, gunakan pelumas khusus dan bukan oli bekas.