Ekspedisi 28 Gunung Memaknai Sumpah Pemuda Ala EIGER

Dilihat 134 kali

Ada banyak cara memperingati Sumpah Pemuda. Dipusatkan di EIGER Adventure Flagship Store Bandung Jalan Sumatera 23 Bandung, Sabtu (28/10), terekam sejumlah kegiatan yang tidak kalah menarik, yakni keberhasilan EIGER melakukan ekspedisi pendakian 28 gunung di Indonesia.

Memaknai Sumpah Pemuda tahun ini, tentu memiliki nilai yang sangat besar untuk kita semua. Kondisi politik akhir-akhir ini, betapa tidak membuat renggang perasaan kebangsaan di antara sesama warga Indonesia.

EIGER sebagai brand terbesar di Indonesia mencoba memaknai Sumpah Pemuda dengan cara yang berbeda, tapi memiliki pesan yang sangat kuat yakni menumbuhkan kecintaan kepada Tanah Air Indonesia, sekaligus mempererat hubungan antar pemuda di seluruh kawasan Nusantara.

Suasana Press Conference Ekspedisi 28 Gunung. Dok Pribadi

Kalau dicermati secara seksama, cara yang dipilih (EIGER) ini memang unik, tapi tentunya penuh simbol yang menaknai Sumpah Pemuda, yaitu menyelenggarakan sebuah Ekspedisi 28 Gunung, menjelajah kemegahan 28 kawasan gunung di Indonesia yang dilakukan oleh 28 tim dari ujung Sumatera hingga Papua.

Ke-28 gunung yang dijelajahi, di Sumatera : Gunung Kemiri - Aceh, Gunung Sibuatan - Sumut, Gunung Talang - Sumbar, Gunung Kerinci dan Gunung Masurau - Jambi, Gunung Dempo - Sumsel, Gunubg Patah - Bengkulu, Gunung Dempo - Sumsel, dan Gunung Pasagi - Lampung. Jawa : Gunung Pulosari - Banten, Gunung Ciremai - Jabar, Gunung Dlamet - Jateng, Gunung Semeru - Jatim, Gunung Merapi - DIY. Kalimantan : Gunung Palung - Kalbar, Gunung Halau Halau - Kalsel, dan Gunung Beriun - Kaltim. Sulawesi : Gunung Klabat - Sulut, Gunung Tambusisi dan Gubung Rire Katimbu - Sulteng, Gunung Gabdabg Dewata - Sulbar, Gunung Mekongga - Sultra, dan Gunung Latimojong - Sulsel. Kepulauan Sunda Kecil : Gunung Rinjani dan Gunung Tambora - NTB, Gunung Koya Koya - NTT, Gunung Kelimutu - NTT, dan Gunung Binaiya - Maluku. Papua : Gunung Carstensz. Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung, Galih Donikara menjelaskan akan pemilihan ke-28 gunung tersebut secara rinci.

"Pemilihan ke-28 gunung ini sendiri memiliki alasan khusus, karena memiliki keanekaragaman hayati medan tropis Indonesia mulai dari wilayah barat, tengah, dan timur yang masing-masing berbeda karakteristiknya. Hal ini penting buat catatan buku hasil akhir kegiatan ini, yang akan dibagikan kepada masyarakat penggiat alam bebas, khususnya para pendaki gunung, " jelasnya.

"Tim yang berangkat yang diharapkan sudah mencapai kawasan yang dituju tepat tanggal 28 Oktober untuk mengadakan upacara bendera, sekaligus pembacaan naskah Sumpah Pemuda; terwujud, " imbuh Galih.

Dukungan penuh yang dilakukan oleh tim pusat EIGER terbukti. Di bawah komando EIGER Adventure Service Team (EAST), tanggal 28 Oktober 2017 tepat pukul 10.00 dilakukan live report upacara bendera dan pembacaan naskah Sumpah Pemuda. 

"Untuk beberapa gunung yang memungkinkan sinyal 4G, kami meminta live video suasana upacara. Sementara untuk beberapa gunung diadakan sambungan telepon via telepon satelit, ' papar Galih.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil yang menyempatkan hadir menyambut baik gelaran memaknai Sumpah Pemuda Ekspedisi 28 Gunung yang didukung penuh brand adventure terbesar di Indonesia yang didirikan Ronny Lukito tahun 1989 itu. Bahkan, kang Emil - sapaan akrab orang nomor satu di Kota Bandung ini menyempatkan berkomunikasi dengan mereka yang berada di kawasan puncak gunung, melalui sambungan telepon via satelit.

 

Kang Emil Sedang Menyampaikan Dalam Sumpah Pemuda Ekspedisi 28 Gunung. Dok Pribadi

"Semoga saudara-saudara yang berada di kawasan puncak gunung, terbiasa kedinginan, tapi tetap sehat sehingga kembali ke tempat tinggal masing-masing dengan membawa berkah yang hangat, " tuturnya dengan diselingi canda.

Setelah itu, dipandu Aat Suratin dan didampingi Ronny Lukito beserta staff, bahkan tampak bergabung seniman dan budayawan Budi Dalton, Ipong, Udjo, dan lainnya, Ridwan Kamil melongok bangunan gedung EIGER yang konon dulu diarsiteki olehnya, sekaligus menandatangani prasati yang diikuti oleh hadirin.

Ilustrasi Ronny Lukito Sedang Berbicara Dalam Press Conference. Dok Pribadi

Dengan kenyataan itu, EIGER yang membukukan acara dengan cara yang unik, tapi memiliki pesan ysng sangat kuat, betapa tidak ekspedisi pendakian 28 gunung ini resmi dicatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). 

"Itu tercatat, dengan pencapaian "Pembacaan Teks Sumpah Pemuda secara serempak di Kawasan Gunung Indonesia Terbanyak, "ungkap Jaya Suprana - CEO & Penggagas MURI.***

(H.Soleh Subary).

Featured Image